• Salesforce untuk perusahaan Indonesia Terbaik
  • it support perusahaan
Trimitrasis.com

Software OCR Indonesia

Software OCR Indonesia

Software OCR Indonesia

Software OCR Indonesia menjadi hal yang sangat dicari-cari di zaman yang sangat melek dengan teknologi sekarang ini. Kalau kamu belum tahu apa itu OCR, OCR merupakan singkatan dari Optical Character Recognition, yaitu teknologi yang mampu membedakan serta mengenali bentuk-bentuk tulisan dalam sebuah gambar. Bisa dikatakan bahwa OCR itu memiliki fungsi yang mirip dengan scanner, tapi teknologi yang ditawarkan OCR menggunakan cara kerja serta teknis yang berbeda dari scanner.

Pengertian OCR secara mendalam

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa OCR merupakan teknologi yang mampu mengenali tulisan di sebuah gambar untuk menjadi data teks yang mampu dibaca oleh komputer. Baik itu tulisan tangan maupun tulisan digital. Kamu pasti pernah men-scan sebuah dokumen dan ingin melakukan pengeditan tapi ternyata tidak bisa kan? Hal tersebut terjadi karena cara kerja scanner hanya mampu mengubah teks atau sebuah dokumen menjadi gambar atau yang biasanya memiliki format JPG. Jangan untuk melakukan pengeditan di teks tersebut, utnuk dapat melakukan copy-paste kata-kata yang ada di dalamnya pun akan tidak mudah dilakukan. Tapi hal tersebut berbeda jika mesin scanner yang kamu miliki memiliki program OCR-nya. Kamu akan mudah melakukan perubahan di dalam teks dokumen yang telah di-scan itu.

Cara Kerja Sistem OCR

Banyak yang bertanya-tanya mengapa alat pemindai atau scanner yang memiliki sistem OCR akan mampu melakukan pengolahan data teks secara langsung? Hal ini terjadi karena sistem kerja dari software OCR adalah dengan melakukan pindaian huruf per huruf yang ada dalam sebuah dokumen maupun gambar sehingga data yang dihasilkan pun merupakan data yang mudah dikenali oleh program pengolahan kata adalah sebagai huruf dan bukannya sebagai gambar. Ini sangat berbeda jauh dari sistem kerja scanner yang hanya dapat mengubah hasil pindaian menjadi bentuk gambar.

Sistem OCR Indonesia sendiri tidak hanya terdapat di dalam sebuah scanner saja, tapi juga ada di dalam sebuah aplikasi atau OCR software Indonesia yang akan mampu membantu proses  digitalisasi tulisan dengan cepat. Cara kerja dari software OCR Indonesia adalah sebagai berikut: melakukan pemindaian dokumen dalam bentuk gambar digital; setelah semua berhasil discan, software OCR dari Indonesia pun akan mengubah serta membagi dokumen dalam dua jenis, hitam dan putih; selanjutnya hasil scan atau gambar akan dianalisis dalam bentuk bitmap dari dua jenis area, terang dan gelap; Area yang terang akan dikenali sebagai background dan area yang gelap dianggap sebagai objek atau karakter; Software OCR milik Indonesia ini akan memproses lebih lanjut untuk dapat mengidentifikasi objek yang berupa huruf dan angka lewat sitem algoritma OCR.

Baca Juga: Program ERP Murah

Pengembang OCR juga memiliki teknik serta design algoritma yang berbeda-beda, tapi ada algoritma yang paling umum sebagai dasar pembuatan sistemnya. Berikut dua algoritma yang dimaksud.

  1. Pattern recognition, yaitu sistem OCR yang memberikan contoh-contoh teks dan tulisan yang dapat digunakan sebagai pembanding serta pengenal terhadap objek tulisan, angka, dan teks dari sebuah gambar.
  2. Feature detection, yaitu sistem OCR yang didesain untuk mengidentifikasi serta mengenali karakter secara spesifik. Sistem OCR ini dibuat dengan fitur yang mampu mengenali sudut garis, garis melintang, garis lengkung yang ada dalam sebuah karakter. Contohnya adalah huruf A, Sistem OCR akan mengidentifikasikan garis A sebagai dua garis diagonal yang berbentuk kerucut dan ada garis horizontal di tengahnya.

Contoh Penggunaan Software OCR Indonesia

Sebenarnya, dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah sering menggunakan aplikasi atau software OCR, tapi sayangnya kita tidak terlalu memperhatikannya. Beberapa cotoh penggunaan software OCR yang tidak kita sadari adalah sebagai berikut: scan hardcopy sebuah dokumen ke dalam bentuk digital yang mudah diolah oleh Ms. Word ataupun Google Docs; Pengindeks-an material dalam mesin pencari; mempermudah proses ekstrak serta entri data; menguraikan dokumen ke dalam teks yang mampu diubah dalam bentuk suara dan akan sangat berguna bagi penyandang tunanetra; membuat arsip dokumen yang mudah untuk dikelola, mendigitalisasi dokumen legal; dan masih banyak lagi kegiatan yang menggunakan software OCR.

5 Software OCR Terbaik untuk Mengubah Gambar menjadi Teks

Saat sudah hidup di zaman yang begitu modern ini, banyak orang-orang kantor yang sudah meninggalkan kebiasaan penggunaan kertas yang begitu banyak. Banyak perusahaan yang beralih menggunakan semua yang berbentuk digital. Tentunya, perpindahan dari kertas ke komputer memerlukan proses pemindaian dokumen atau teks ke dalam komputer. Untuk memindahkan file-file tersebut, dibutuhkan scanner yang memiliki sistem OCR untuk memudahkan pemindahan data manual ke dalam digital. Berikut 5 software OCR terbaik yang dapat mengubah gambar menjadi teks, walaupun ini bukan software OCR Indonesia ya.

  1. FreeOCR

Software OCR pertama yang bisa kamu pilih dalam memindai dokumen ke dalam bentuk digital adalah FreeOCR. Software ini hanya mendukung sistem operasi Windows saja, dan hanya dapat digunakan oleh versi Windows XP ke atas. Untuk kamu yang masih menggunakan Windows XP, kamu bisa menggunakan aplikasi ini tapi kamu harus menginstall beberapa aplikasi tambahan untuk mendukungnya. FreeOCR ini dapat bekerja untuk TWAIN scanner, image TIFF, file PDF, dan teks output yang dapat dihasilkan menjadi Microsoft Word. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, kamu harus mendownload Google Open Source yang bernama Tesseract OCR engine.

  1. Microsoft OneNote

Kalau kamu adalah pengguna Microsoft Office, OneNote merupakan salah satu aplikasi yang termasuk dalam Microsoft Office yang menyediakan fitur OCR. Saat pertama kali membuka OneNote, kamu akan diminta untuk sign-in menggunakan akun Microsoft. Setelah itu, kamu bisa mengunggah berkas baru untuk diinput dengan cara insert-picture dan klik kanan gambar yang sudah di-import, lalu copy text from picture. Bukan hanya berkas gambar, OneNote juga dapat mengekstrak teks dari berkas dengan banyak halaman dengan cara klik kanan-copy text from all the pages of the printout.

  1. Google Keep

Google Keep merupakan layanan penyimpanan catana atau yang biasa disebut dengan note taking app yang juga dapat diakses dari peramban. Pengguna Google Keep hanya dapat menggunakan Google Keep untuk mencatat serta memanfaatkan fitur singkronasi layanan satu akun. Untuk dapat menggunakan software OCR di Google Keep ini kamu bisa membukan aplikasi Google Keep lalu buka note baru dan masukkan foto atau dokumen yang ingin kamu ekstrak teksnya. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu membutuhkan koneksi internet ya!

  1. SimpleOR

Microsoft OneNote mungkin cukup pandai dalam memindai tulisan cetak, tapi ada beberapa software OCR yang kesulitan untuk mengekstrak tulisan tangan. Nah, software OCR gratis yang bisa melakukan ini adalah SimpleOCR. Software SimpleOCR ini mendukung format gambar JPG, TIFF, dan BMP dengan kontrol seleksi daerah pen-scan-an teks agar dapat diatur sesuai kebutuuhan. Gambarnya pun bisa dikonversi menjadi teks digital atau dapat disimpan dengan format DOC atau TXT agar lebih mudah untuk diedit.

  1. TopOCR

Interface atau tampilan antarmuka yang dimiliki oleh software TopOCR ini terdiri dari dua jendel; 1 untuk gambar, 1 untuk mengedit teks yang sudah diekstrak oleh gambar tadi. Kamu bisa memasukkan gambar dengan teks yang ingin diekstrak dan kamu dapat langsung mengeditnya di jendela sebelah kanan. Interface ini pun bisa dikatakan sederhana, karena fitur-fitur yang dimiliki oleh WordPad atau NotePad di Windows sangat terbatas tapi sangat efektif untuk pengeditan sederhana.