• Salesforce untuk perusahaan Indonesia Terbaik
  • it support perusahaan
Trimitrasis.com

IT Support Perusahaan

IT Support Perusahaan

IT Support Perusahaan

IT support perusahaan merupakan pekerjaan yang sangat dibutuhkan untuk semua perusahaan yang memang bekerja menggunakan perangkat teknologi. Biasanya orang-orang yang bekerja sebagai IT support perusahaan meruapakan orang lulusan jurusan IT atau orang yang memiliki keahlian IT. Menjadi IT Support di Perusahaan mungkin tidak terdengar Wow seperti pekerjaan manajer ataupun direktur perusahaan, namun IT support sangat penting untuk berjalannya sebuah perusahaan apalagi di era digital seperti ini.

Pengertian IT Support Perusahaan

Dalam pengertian umum, IT Support merupakan seorang teknisi yang ada dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan yang memiliki tanggungjawab yang berhubungan dengan teknologi. Profesi ini mempunyai tugas utama yang sangat diperlukan perusahaan, yaitu melakukan instalasi aplikasi, mengevaluasi project, ataupun meningkatkan kinerja perangkat lunak komputer atau software serta untuk mengembangkan sistem jaringan.

Seseorang yang memiliki profesi sebagai IT Support ini biasanya memiliki banyak tuntutan, yaitu harus seorang multitalenta atau memiliki banyak keahlian. Misalnya, seorang IT Support harus memiliki keahlian memperbaiki perangkat komputer yang rusak, melakukan instalasi program ke komputer yang digunakan para karyawan, menyetting email, mengatur mesin fingerprint, dan masih banyak lainnya.

Banyaknya kebutuhan atau tuntutan keahlian bagi seorang IT Support membuat  pekerjaan dari IT Support ini begitu kompleks dan sangat beragam. Keahlian yang mereka miliki pun harus terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Perusahaan juga akan memiliki sistem yang kuat berkat dukungan serta pekerjaan IT Support yang multitalenta ini.

Job Desk IT Support Perusahaan

Karena begitu banyak tuntutan keahlian yang wajib dimiliki oleh IT Support, maka kamu pun perlu mengetahui tentang apa saja job desk yang harus dikerjakan oleh seorang IT Support. Di bawah ini penjelasannya.

  1. Seorang IT Support wajib untuk memastikan komputer yang akan digunakan oleh karyawan dapat digunakan secara baik dan normal.
  2. Seorang IT Support juga harus memastikan komputer bukan hanya dapat digunakan dengan baik tapi juga terhubung dengan jaringan internet yang dapat digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain.
  3. Seorang IT Support juga wajib untuk memastikan aplikasi yang digunakan karyawan perusahaan juga dapat berjalan dengan baik.
  4. Memastikan tentang keamanan data yang disimpan dalam komputer karyawan perusahaan agar tidak mudah dicuri oleh pihak luar.
  5. Selalu memperbaiki segala kerusakan teknologi kantor seperti komputer karyawan, dalam waktu yang sesingkat mungkin agar tidak terjadi gangguna bekerja.
  6. Melakukan update secara berkala untuk semua aplikasi, sistem operasi, ataupun software yang terinstall di komputer yang ada di kantor agar dapat digunakan dengan baik tanpa ada masalah.
  7. Harus mampu melakukan setting proses backup data perusahaan agar gampang dicari jika suatu saat dibutuhkan serta mencegah risiko data hilang.
  8. Berusaha untuk dapat mengembalikan data yang hilang dari backup yang akan terjadi di sistem komputer maupun jaringan yang ada masalah.
  9. Melakukan instalasi serta konfigurasi antivirus untuk perangkat komputer ataupun perangkat digital lainnya yang dimiliki oleh perusahaan.
  10. Memastikan semua sistem pekerjaan kantor, seperti printer, scanner ataupun CCTV dapat berfungsi dengan baik.
  11. Membuat dokumentasi saat memperbaiki sesuatu jika diperlukan.
  12. Mengatur settingan browser komputer untuk dapat berfungsi dengan tepat untuk menunjang pekerjaan karyawan dalam melakukan pekerjaan.
  13. Mengerti dan paham tentang sistem kerja switch user dan juga hub ataupun router agar mampu melakukan setting dengan cepat dan tepat.
  14. Seorang IT Support untuk membantu Perusahaan juga harus memahami bagaimana membuat kabel network atau yang dikenal dengan kabel data.
  15. Mengerti tentang bagaimana perbedaan antara kabel data yang masih berfungsi baik dan mana yang harus segera diganti.
  16. Seorang IT Support harus paham ilmu-ilmu dasar jaringan komputer dan bisa mempraktekkan langsung ketika di lapangan.
  17. Harus mampu menangani masalah email dari membuat akun sampai proses setting keperluan perusahaan.

Selain job desk yang tertulis di atas bahwa salah satu job desk yang tak kalah penting untuk seorang IT Support untuk membantu Perusahaan adalah harus bisa mengelola dan mengatur server perusahaan.

Baca Juga: Software SAP Indonesia Terbaik

Gaji IT Support Perusahaan

Melihat begitu banyaknya job desk yang dikerjakan oleh seorang IT Support membuat kita berpikir, seberapa banyak sih gaji yang akan diterima oleh seorang IT Support? Biasanya seorang teknisi IT seperti IT Support akan mendapatkan nominal gaji yang lumayan untuk hidup di kota besar. Gaji yang diterima sekitar Rp6 juta sampai Rp7 jutaan, besaran gaji pun biasanya ditentukan oleh kebijakan perusahaan yang bersangkutan.

Untuk latar belakang pendidikan yang dibutuhkan oleh seorang IT Support untuk membantu Perusahaan adalah minimal lulusan D3 ataupun S1 jurusan bidang IT. Namun, ada pula beberapa perusahaan yang menerima teknisi IT yang hanya lulusan SMK, jadi hal tersebut tergantung kebijakan kantor. Tapi untuk gaji fresh graduate yang ditawarkan oleh pekerjaan sebagai IT Support biasanya sudah memiliki nilai yang memuaskan.

Syarat Umum Menjadi IT Support bagi Perusahaan

Sama seperti halnya gaji, persyaratan utnuk menjadi seorang IT Support bagi Perusahaan tentu akan berbeda di setiap perusahaan. Masing-masing perusahan memiliki standar sendiri untuk merekrut karyawannya. Tapi ada beberapa syarat umum yang akan diterapkan oleh perusahaan untuk merekrut seorang IT Support di perusahaannya. Persyaratannya adalah sebagai berikut: 1. Seorang pria atau wanita yang memiliki usia maksimal 35 tahun; 2. Memiliki pendidikan minimal SMK jurusan komputer, tekonologi, dan informasi; 3. Mengerti dan berpengalaman dalam bidang IT, teknologi jaringan minimal 1 tahun; 4. Menguasi serta memahami segala hal yang berhubungan dengan komputer. Persyaratan ini merupakan persyaratan yang paling sering digunakan oleh banyak perusahaan dan persyaratan ini bersifat administratif.

Skill dan Kemampuan yang harus dimiliki oleh IT Support untuk Perusahaan

Karena begitu banyak tugas dan pekerjaan yang harus dijalankan oleh seorang IT Support untuk Perusahaan yang tidak hanya berbentuk teori, tapi ada pula skill atau kemampuan yang harus dapat mengatasi segala masalah yang terjadi. Berikut merupakan skill atau kemampuan yang harus dikuasai oleh IT Support untuk Perusahaan: 1. Memahami dan menguasai aplikasi Microsoft; 2. Dapat dengan cepat memperbaiki masalah yang terjadi pada komputer karyawan; 3. Pandai dan piawai dalam merakit instalasi komputer; 4. Memahami jaringan kabel dan juga nirkabel; 5. Dapat menguasai bahasa pemograman; 6. Mampu untuk memperbaiki segala jaringan dengan cepat; 7. Dapat melindungi komputer dari berbagai virus berbahaya atau pihak yang tidak bertanggung jawab yang berusaha ingin mengacaukan sistem perusahaan.

Setidaknya skill dan kemampuan di atas harus dimiliki seorang IT Support untuk membantu Perusahaan agar dapat mendukung kinerja perusahaan dan kepentingan perusahaan. Pekerjaan seorang IT Support Perusahaan juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan banyak diminati. Namun, di balik itu semua, untuk menjadi seorang IT Support yang dibutukan adalah skill dan kemampuan yang baik.