• Salesforce untuk perusahaan Indonesia Terbaik
  • it support perusahaan
Trimitrasis.com

Program ERP Murah

Program ERP Murah

Program ERP Murah

Mencari program ERP murah saat ini menjadi tuntutan semua perusahaan untuk dapat menciptakan manajemen bisnis yang baik. Saat ini, banyak perusahaan yang menuntut untuk menciptakan manajemen yang baik dan teratur karena tentunya akan berdampak pada pendapatan perusahaan. Untuk menciptakan hal tersebut, para perusahaan pun akan membutuhkan peran program ERP untuk mempermudah pekerjaan manajemen bisnis ini.

Pengertian ERP

Mungkin sudah banyak yang bertanya-tanya apa itu ERP? Enterprise Resource Planning atau yang biasa disebut dengan ERP merupakan program aplikasi manajemen bisnis yang dapat memudahkan pengelolaan bisnis perusahaan secara terintegrasi. Saat ini banyak perusahaan yang begitu memperhitungkan pentingnya peran ERP untuk perusahaannya. ERP akan mampu membantu perusahaan untuk menyediakan informasi secara akurat dan real-time mengenai proses bisnis perusahaan, seperti produksi, proses order, serta manajemen persediaan. Software ERP murah ini akan memantau sumber daya perusahaan seperti uang, bahan mentah yang akan diolah, kapasitas produksi, serta pegawainya.

sistem ERP murah itu digunakan untuk mengelola status komitmen bisnis yang akan dibuat misalnya seperti, pesanan pelanggan, pembayaran pesanan, dan pembayaran gaji karyawan. Dengan adanya perangkat lunak ERP murah, data dapat dimasukkan ke dalam sistem yang ada dari berbagai departemen yang ada di perusahaan, seperti departemen manufaktur, departemen pembelian, departemen penjualan, departemen penghitungan, dan masih banyak yang lainnya. Program ERP akan mampu mengelola data secara sentral sehingga mampu sekali memasukkan data untuk digunakan sebagai proses bisnis lainnya. ERP juga mampu melancarkan arus informasi yang ada di perusahaan sampai kepada hubungan dengan para orang-orang kepentingan lainnya yang ada di luar perusahaan.

Awalnya software ERP murah hanya berfokus untuk mengotomasi fungsi-fungsi dari back office, seperti melakukan kegiatan akuntansi dan keuangan, pembelian barang dan pergudangan, logistik produksi serta perawatan, sales dan distribusi barang, dan penggajian serta kegiatan kepegawaian. Selanjutnya fungsi dari front office juga dapat dilakukan oleh ERP, seperti Customer Relationship Management atau yang disebut CRM dan Supplier Relationship Management atau yang disebut dengan SRM. Penggunaan teknologi internet dalam program ERP ini akan dapat membuat perusahaan melakukan berbagai ragam kolaborasi. Baik berkolaborasi dengan antar pegawai di perusahaan ataupun kolaborasi perusahaan dengan para rekan bisnisnya. ERP juga memiliki perkembangan lainnya, seperti memasukkan atau mengintegrasikan komponen BI (Business Intelligence) dan juga Managemen Cockpit. Dengan memiliki banyak komponen yang telah disebutkan, maka software ERP murah dapat dikatakan sebagai solusi komplit untuk dapat menjawab kebutuhan sistem informasi di dalam perusahaan.

Solusi Program ERP untuk Perusahaan

Intinya, sistem ERP murah ini dapat membantu perusahaan untuk dapat bekerja lebih efisien dan dapat meminimumkan halangan arus informasi antar unit kerja. Selain itu, program ERP juga memiliki solusi sebagai; 1. Memberikan pandangan global, data atau informasi dapat dimanfaatkan secara proaktif untuk dapat mengambil keputusan terbaik di kantor dan juga mendorong perbaikan; 2. Dapat meningkatkan kepatuhan standar peraturan sistem keuangan dan juga mengurangi risiko; 3. Mengotomasi operasional proses bisnis inti, seperti lead-to-cash, order-to-fulfillment, procure-to-pay, dsb; 4. Meningkatkan pelayanan untuk pelanggan dengan menyediakan suatu sumber untuk penagihan serta relationship tracking; 5. Mengeliminasi redundansi dalam proses dan sistem informasi sehingga dapat menurunkan biaya operasional; serta 6. Meingkatkan kualitas kerja dan juga mengimplementasikan praktik terbaik yang ada dalam program ERP yang murah.

Baca Juga: IT Support Perusahaan

Manfaat Program ERP dalam Bisnis

Setelah memahami pengertian dari ERP, kamu pun bertanya-tanya sebenarnya apa manfaat dari program ERP ini. Program ERP memiliki banyak kegunaan untuk berbagai jenis dan juga ukuran perusahaan dari segala industri, seperti industri manufaktur, industri ritel, industri grosir, industri makanan dan minuman, industri real estate, industri konstruksi, dan masih banyak lainnya. Di bawah ini merupakan manfaat dari program ERP dalam bisnismu.

  1. Dapat menyederhanakan proses bisnis

Program ERP dapat menyederhanakan berbagai proses yang kompleks seperti perencanaan produksi perusahaan, pelacakan inventaris perusahaan, pembuatan laporan keuangan perusahaan, dan lainnya. Sebagai contoh jelasnya, divisi keuangan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan banyak spreadsheet untuk dapat membuat laporan laba rugi atau arus kas perusahaan. sistem ERP murah akan membantu mereka untuk dapat menghasilkan laporan akurat hanya dalam beberapa klik.

  1. Dapat menghemat biaya

Dengan adanya program ERP murah di perusahaanmu, ini juga dapat mengurangi biaya administrasi dan operasional. Sebagian besar proses bisnis akan diotomatiskan sehingga perusahaan dapat memangkas biaya yang digunakan untuk tenaga kerja. Perusahaan juga tidak harus mengeluarkan biaya untuk dapat membeli beberapa aplikasi yang berbeda untuk setiap manajemen. Selain itu, dengan adanya laporan bisnis yang lengkap serta akurat, perusahaanmu juga dapat memprediksi pendapatan, permintaan konsumen ke depannya, kebutuhan inventaris perusahaan, dan lainnya sehingga perusahaanmu dapat mengatur anggaran keuangan jadi lebih bijaksana.

  1. Dapat meningkatkan efisiensi

Program ERP juga dapat membantu perusahan untuk menghilangkan pekerjaan manual yang dapat diselesaikan dengan cara yang lebih cepat. Misalnya, kamu hanya perlu mencari barang hanya dalam hitungan detik sehingga perusahaan perusahaan manufaktur dapat cepat memproses pengepakan barang serta mengirimkan barangnya ke pelanggan lebih cepat. sistem ERP murah juga dapat memungkinkan stakeholders untuk dapat melihat KPI dari setiap divisi dalam perusahaan melalui dasbor sehingga mereka tidak perlu lagi mengejar manajer setiap divisi sencara langsung hanya untuk menanyakan update satu orang.

  1. Dapat mengintegrasikan informasi

Program ERP yang kamu gunakan akan dapat memungkinkan setiap divisi untuk dapat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan tanpa harus mengganggung pekerjaan dari divisi lain. Contohnya, divisi marketing ingin mengetahui perilaku belanja para pelanggan dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya sistem kolaboratif, pihak marketing tidak perlu meminta data dari divisi sales karena mereka juga dapat langsung mendapatkan data dari sistem.

  1. Mengoptimalkan keamanan data

Perusahaan yang menggunakan sistem ERP murah tidak perlu khawatir soal keamanan data perusahaan, karena dalam program ERP akan ada proses monitor titik akses dengan ketat. Pembatasan data juga dapat dikontrol oleh admin untuk dapat mengelola sistem sehingga perusahaan pun dapat menjadikan program ERP aman seperti yang mereka inginkan. Cloud ERP ini pun juga dapat menjaga seluruh data penting perusahaan dengan aman dan anti bobol. Data perusahaan akan tersimpan secara offline karena saat jaringan internet tidak ada kamu juga tetap menyingkronkannya ketika jaringan terhubung kembali.

  1. Dapat memberikan data bisnis yang akurat

Laporan bisnis akan sangat berperang penting dalam proses pengambilan keputusan dalam perusahaan. Alat pelaporan yang canggih yang terdapat dalam program ERP murah ini akan memungkinkan perusahaan membuat laporan yang lebih akurat. Hal ini tentunya akan memudahkan mereka untuk membuat prakiraan bisnis dalam perusahaan dan ini juga akan dapat membantu mengembangkan bisnis perusahaan.

  1. Dapat memaksimalkan produktivitas

Karena berbagai pekerjaan di perusahaanmu dapat dihilangkan, karyawan yang lainnya pun akan mampu lebih fokus pada pekerjaan inti mereka atau karyawan lainnya pun dapat memiliki banyak waktu untuk dapat menyelesaikan tugas atau proyek lainnya. Keuntungan inilah yang akan membuat penggunaan program ERP murah dapat membantu kelancaran perusahaan.